Rabu, 25 April 2018

[Diary] OMG! My number is lost (Indosat Ooredoo)

Pengumuman aktif kemarin gak guna banget, saya lagi moodnya untuk nulis tapi akhirnya tertunda berbulan-bulan. Kenapa? Karena saya gak bisa masuk blog saya sendiri. Saya tidak pernah lupa password karena selalu saya tulis. Tapi apa gunanya kalau ternyata harus konfirmasi dulu lewat nomor handphone. Dulu sih is OK untuk mengverifikasi lewat nomor HP karena nomor itu juga sudah saya pake dari saya SMA kelas 1 sekitar 6-7 tahun lalu.

Nah ini cerita sedikit kenapa saya off selama ini:

Saya punya pengalaman hangus nomor itu 2x, yang pertama itu telkomsel yang saya pakai sejak SMP kelas 8. Hangus nya juga memang kesalahan saya jaman SMA, karena dulu waktu kelas 11 itu jaman android dual card booming nah saya pake 2 nomer ya nomer telkomsel dan im3. Telkomsel jarang banget dipakai kecuali hubungin orang tua (mahal maklum). Sudah ada peringatan masa tenggang gak saya gubris, akhirnya peringatan masa aktif tapi saya lupa terus mau isi.

Tau-tau udah 1 bulan mati ternyata, terus sama bapak dibawa ke Grapari karena nomor itu bener-bener penting, ternyata gak bisa kecuali jadi HALO pascabayar gitu kalau gak salah. Saya di telepon bapak dan biaya nya tuh 100rb an keatas dan perbulannya walau gak dipakai tetap ditarik 50rb gitu. Nah saya juga gak pakai terus karena nomor im3 saya masih kan. Im3 saya beli karena banyak bonus ke sesama (belum marak Whatapss) temen saya juga banyak pakai indosat toh. Akhirnya nomor cantik telkomsel saya lepas. Selamat tinggal~

Yang kedua ini ada perjuangannya, yaitu nomor im3 yang saya jaga terus sampai 6-7 tahun dengan melewati ganti handphone beberapa kali. Intinya nomor ini penting karena banyak kontak ke teman yang lain, verifikasi google, blog dan lainnya.

Cerita mengaktifkan nomor indosat yang hangus (berhasil tapi panik) 2018:
Saya datang ke Gerai Indosat Simanjuntak Yogyakarta itu tanggal 16 Februari 2018 dan sudah antri lama karena dateng gak pagi banget dan ternyata ZONK. Customer service nya bilang kalau "nomornya mbak nya (saya) udah gak bisa dipakai mbak karena sudah diblokir". Saya sudah menjelaskan bahwa nomor ini masih terima sinyal tapi gak bisa buat hubungin atau dihubungin siapa-siapa. Mbaknya bilang "Gak bisa mbak ini nomor sudah lama mati" (Sedikit kecewa, saya itu pelanggan setia 6-7 tahun). Antara pasrah tapi gak rela...

Kasus: Nomor saya masih bisa terima sinyal bahkan penuh dan karena tanggal 14 saya pakai sms dan telepon gak bisa, saya telepon juga gak bisa. Nah saya khawatir kan apa udah hangus tapi tanggal 29 Januari masih saya pakai bisa.

Akhirnya gantilah saya nomor tanggal 19 Febuari, karena saya gak betah untuk gak punya nomor. Nomor Whatapps saya juga saya ganti karena saya mempertimbangkan risiko nomor im3 saya nomor cantik jadi takutnya kalau di retur jadi nomor baru cepet kebeli dan dipakai orang nah dia bisa pakai Whatapps saya dong (risiko kedepan sih).

Akhir februari tepatnya saya lupa, saya balik lagi ke gerai indosat karena masih kepengen nyoba, karena pertimbangan tanya sana sini terus nomor penting juga kan (masih ada rasa gak rela). Tapi keadaan udah tidak menerima sinyal sama sekali. Gini ya seharusnya kalau mau di blokir, mati, hangus, ada peringatan se enggaknya sms kek. Tapi entah kenapa indosat gak ada kabar, tiba-tiba aja gitu hangus. Nah mana tau kalau gak ada peringatan kan. Dan tidak bisa.. udah ah saya bete, rempong, bodo amat. selesai. 

Lupa Sandi Blog (harus verifikasi lewat nomor handphone?):
Tapi memasuki bulan maret, laptop yang umurnya sudah 10 tahun rusak juga Sediiihhhh... nah diperbaikilah sama bapak saya, dan saya baru ingat ternyata blog dan google saya ada di sana. Terutama Account Blog login disana gawatlah saya kelipungan setengah mati. Pinjem laptop bapak sama adik. Nyobalah akhirnya dengan email dan password yang benar karena catetannya ada pake spidol di belakang lemari. Eh Google+ minta verifikasi menggunakan nomor hp yang mati itu. OMG!! Lemeslah saya semua tulisan saya disana, banyak post yang belum diupload.

Bingung saya, Gimana? Padahal ini blog dari tahun 2012 ada juga yang dari 2010. Nyeselnya itu tulisan saya yang belum diposting disana. Sudah verifikasi jelas-jelas gak bisa karena nomornya pun mati, terus coba pakai  verifikasi 2 yang pakai pertanyaan lain, tetep aja gak bisa padahal cuma nyebutin bulan sama tahun pembuatan, karena ini akun bukan Gmail nah lupalah saya pada akun gmail nya (dulu masih Yahoo). Pakai email lain untuk verifikasi ditolak, padahal sudah mengirim kode di email itu. Kode nya sudah dimasukan ke perintah, muncul tulisan gak bisa intinya, pasti langsung balik ke osi nomor hp.

Belum bisa move on dari nomor lama yang dipakai terus, akhirnya aku paksa lagi ke gerai indosat lagi. Dengan landasan doa. Bismillah.

Tanggal 16 Maret 2018, saya ke gerai indosat simanjuntak pagi, eh sampai sana kenapa sepi? ternyata offline. Untung nih ya rumah saya gak begitu jauh dari sana. Yaudahlah akhirnya makan Saoto Batok Sambisari dulu nanti pulangnya mampir Hartono Mall (Yogyakarta Gerai Indosat ada 2, yaitu: Simanjuntak dan Hartono Mall). Disana enak antrinya gak begitu banyak kayak di simanjuntak, saya kesana habis zuhur (karena jumat, habis jumatan). Kalau gak salah cuma antri 7 orang.

Setelah minta nomor ke mbak yang jaga dipojok, saya dikasih selembaran (lupa nomor berapa). Nunggu sekitar gak nyampe 5 menit sudah dipanggil counter 6. Saya langsung disapa baik sama mbaknya, tapi panik nanti kalau ditolak lagi bilang gak bisa.

Saya: Mbak kalau mau aktifin nomor yang hangus bisa?
Cs: bisa, dengan siapa? nomor hp nya berapa ya?
Saya menjawab sama Cs nya ngetik dilaptop nomer dan nama saya.
Cs: Ini mbaknya hangus dari bulan Februari tanggal 22 ya?
Saya: (kaget) lah tapi ini saya gak bisa pake dari tanggal 14 Februari mbak, dulu itu cuma nerima sinyal tapi gak bisa di isi pulsa bahkan telpon masuk atau keluar, saya gak tau kalau hangus?
Cs:Oh gitu mbak, mbaknya bawa sim cardnya?
Sayangeluarin simcard yang masih utuh dengan wadahnya saya ambilkan di tas.
Cs: Oh kemungkinan kartunya rusak mungkin mbak (sambil ngeliatin kartu saya).
Cs nya langsung ngecek lagi di laptopnya, gak tau ngapain saya cuma ngeliatin mbaknya. Gak lama setelah itu saya diajak ngobrol lagi sama Cs nya.
Cs: Gini mbak, nomor mbak masih terdaftar jadi mungkin bisa diaktifkan 1-2 bulan lagi, soalnya belum sampai 30 hari setelah hangus mbak.
Saya: Oh jadi gak bisa sekarang langsung ya mbak? harus nunggu 1 bulan lagi?
Cs: Iya mbak soalnya nomor ini masih terdaftar atas nama mbak, harus tunggu minimal 1 bulan lagi. Mbaknya dateng sini bulan depan lagi saja, bawa KTP sama simcard nya lagi.
Saya: Tapi bisa kan mbak? (Panik)
Cs: Bisa mbak, tapi memang harus menunggu 1 bulan dulu
Dan di tutuplah percakapan hari itu dengan Cs yang lebih ramah dari yang simanjuntak. hehe.

Alhamdulillah. Gak apa deh nunggu kalau bisa kenapa enggak coba, kutunggu kamu nomorku. Sebenernya tetep deg deg an (panik) sekarang atau besok kalau gak bisa, berarti saya harus ngerelain semua tulisan, blog, email, google+, account lainnya kecuali yang masih connect dengan handphone.

Tanggal 17 April 2018
Walaupun jadwal saya super padat dihari itu tapi saya usahakan ke gerai lagi. Pilihan saya Hartono Mall, kenapa? pertimbangan Cs nya lebih ramah, kemungkinan ditanggapi bisa, kemarin disana juga, Operasional Gerai Indosat sesuai Operasional Mall dan tentu antrinya nya gak selama yang simanjuntak walaupun lebih deket sih.

Disana antri 2 orang lansung deh cepet, terus saya tanya seperti awal saya ke Hartono, masih suruh nunggu minimal besok. Pulang dengan tangan kosong, malah jalan-jalan muterin Hartono sampai pegel kaki.

Tanggal 19 April 2018
Kesana lagi deh, biasa ya ke Hartono Mall antri 20 orang saya dapet nomor 136 hari jumat sebelum jumatan. Karena lama diputuskanlah jalan-jalan ke hypermart sama cari minum sekitar 15 menit, karena takutnya udah lewat nomor antrian. Tapi jjeng jjeng baru maju 3 orang dari awal saya lihat. Saya langsung cari tempat duduk, lama sekitar 40 menitan lah nunggunya, itu aja yang cowok pada kabur dulu sebelum dipanggil jadi saya bisa lebih cepat. Saya akhirnya dipanggil counter 5.
Saya: Mbak saya mau aktifin nomor hp? kemarin suruh balik lagi 1 bulan?
Cs: Dengan siapa? Nomornya berapa?
Saya sebutkan deh, sambil cari KTP sama simcardnya di tas. Cs nya sibuk mencari di laptop seperti biasa.
Cs: Mbak ini nomor mbak hangus 22 Febuari, nah mbaknya bisa ngaktifkan tapi pascabayar mbak? Biayanya sekitar 110 rb sudah dapet kuota internet 30gb, sama nelepon dan sms.
Saya: Lah, gak bisa yang biasa aja ya mbak? harus pascabayar.
Cs: Iya mbak, ini pun harus saya coba dulu, kalau bisa ya pascabayar mbak.
Saya: Lah mbak, kalau pascabayar biayanya 110 itu mbak? terus gimana?
Cs: Iya mbak nanti biaya awal nya 110rb, besok satubulan setelah ini bisa ganti ke paket yang biasa mbak. Ini sudah dapet kuota 30gb sama unlimited youtube sama medsos.
Saya bingung mau jawab gimana, bukan gak ada duit, tapi ini cuma buat aktifin blog masak harus bayar segitu. Keterlaluan sekali 100rb dan besok masih ditagih setiap bulan bayar pascabayar. OMG!! Mbok tolong aku gak butuh, biaya ku cukup 100rb buat 2 nomor hp, tambah satu jebol nih kantong. Karena saya panik, mbak Cs nya ngajak ngobrol lagi.
Cs:Gimana mbak?
Saya: Ini saya sudah ganti nomor pakai Indosat lagi juga mbak, nomornya tuh cuma buat verifikasi email aja, nanti juga gak kepakai.
Cs: Atau ini aja mbak ada paket 25rb dapet sms dan telepon. Biayanya 38,5rb, ini mbaknya bisa besok sebelum tanggal 20 mei kesini buat pembatalan.
Saya: 25rb mbak? (mata saya bersinar hehe) Terus?
Cs: ini kan tetep pascabayar, karena mbaknya cuma buat verifikasi email, nnti mbak bisa ubah nomornya, terus sebelum tanggal 20 mei harus kesini lagi pembatalan supaya gak ditarik pembayaran. Mau gimana mbak?
Saya:Yaudah saya mau yang itu aja? (Batin dari pada 110rb)
Cs: (ambil formulir) Ini mbaknya ngisi sampai sini, lalu TTD disini. (Berkas Migrasi Pascabayar)
Saya mengisilah di form itu. Mbaknya cek KTP saya, sebelumya sudah saya kasih KTP sebelum kasih pas dia cek nama sama nomor HP saya.
Saya: Udah mbak.
Cs: Bisa mbaknya bayar dulu 50 rb langsung kesaya. Biaya Free Abonemen sama Billing Payment jadi 50rb mbak.

Saya ambil uang di tas dan antara ngedumel dalam hati yaelah katanya cuma 25rb tadi bilang 38,5rb sekarang nambah jadi 50rb. Yaudah daripada 100rban, terus blog ini kacau.
Sekitar 5 menitan sudah jadi nomor saya akhirnya sama dikasih pesan sama mbaknya suruh kesini lagi sekitar sebelum tanggal 20 mei 2018. Saya malah coba basa basi bayar lewat apa? sok sok an mau saya pakai.

Terus sudah deh begitulah saya mendapatkan nomor saya kembali dan blog saya sudah kebuka horeeee!!!. Walaupun jadi pascabayar. Diperjalan pulang saya mikir apa saya pakai aja ya setiap bulan juga cuma bayar 25rb gak masalah kan. Tapi lama kelamaan saya mikir setelah tanya sana sini, kata mbak saya kok gitu harus pascabayar, ditipukah? Apakah saya ditipu atau emang gitu prosedurnya?
Terus saya coba mencari cara lewat email cs@indosatooredoo.com di web ada berkas pertanyaan. Soalnya saya perlu nanya apa pembatalan itu bayar haha (masak saya bayar lagi kan bete). Bukan itu doang sih karena sekarang saya pakai Yellow nya Indosat yang 1rb/hr dapet 1gb itu saya merasa ditipu dan lemot banget. Karena saya kehilangan 26rb pulsa diakibatkan paketan. Padahal kuota saya masih 200mb hari itu. Pulsa saya disedot 26rb an dan baru ada peringatan kalau saya internet tanpa paket/ dengan pulsa 26rb. Gak masalah terus yang kedua lagi baru disi 10rb dipake 2x Yellow 1rb/hr dapet 1 gb, kesedot lagi pulsa saya 7rban padahal kuota masih 100mb. amazing saya gak mau pakai lagi Yellow Indosat deh.

Saya nanya 3 pertanyaan: Biaya pembatalan pascabayar, Cara mengubah reg. KTP dan KK, dan Yellow itu. Gak nyampai 5 menit sudah dibalas melalui email. Biaya pembatalan gak dikasih tau malah cara pembatalan bawa apa aja dengan (annisa). Terus yang kedua ketiga dijawab dan ternyata Reg KTP, KK itu bisa diubah. Maksud hati karena nomor ini tuh saya dapat dari paket internet dulu di counter udah di registrasi.

Ganti KK/KTP Registrasi Indosat:

Sehubungan dengan merubah data silahkan bisa ketik UNPAIR#NO.HP kirim 4444, kemudian bisa daftar ulang kembali ketik: ULANG#NIK#NomorKK# SMS ke 4444.
Ternyata saya gak perlu ke gerai indosat hahaha. Baru tau maklum.

Yellow bisa dengan mengirim screenshot sisa kuota dan sms yang 7600 itu tapi terlanjur udah lama dan basi yang sc kuota gak ada. Yaudahlah. Gak bisa kembali gak apa. Sekarang saya mikir besok bayar gak ya pembatalan hahaha.

26 April 2018.

0 komentar:

Posting Komentar

berkunjung juga yuk!

LATEST POSTS