Jumat, 21 Desember 2012

Hasil Diskusi Kelompokku Part 1



HASIL DISKUSI KELOMPOK 4
XI IPA 2
Tema: Dampak Positif dan Negatif dari Jejaring Sosial
FACEBOOK
1.      SUSUNAN KELOMPOK:    Moderator      :Yekti Widyah Lestari (29)
                                          Penyaji            :Shofwatin Nur Rohmah (26)
                                          Notulis             :Desintya Sari Norega (09)
                                          Anggota          :Alfiani Nur Murdrikah (02)
                                                                  :Lukman Lukita Aji (20)
                                                                  :Yosa Angela Widya Rendani (30)

2.      POKOK ISI DISKUSI

Facebook adalah jejaring sosial yang perkembangannya sangat pesat di kalangan remaja dewasa ini. Facebook menduduki rangking pertama sebagai jejaring sosial yang terlaris diantara jejaring-jejaring sosial lainnya. Indonesia tercatat menduduki rangking ke 2 dari 10 negara pengguna facebook terbanyak. Lebih dari 35.174.940 penduduk Indonesia menggunakan facebook.

Pengguna facebook di Indonesia mulai dari kalangan anak hingga dewasa. Tetapi sebagian besar pengguna facebook adalah kalangan remaja. Begitu banyak kalangan remaja yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini. Kemudahan yang didapatkan di facebook adalah daya tarik tersendiri bagi para kaum remaja. Hampir sebagian besar bahkan semua remaja di Indonesia memiliki facebook. Facebook saat ini sangat popular sekali di Indonesia yang melanda masyarakat Indonesia. Dengan facebook kita dapat menambah teman, dan juga dapat menemukan teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi lagi (lost contect). Facebook membantu penggunanya untuk lebih mudah menjalin pertemanan. Alasan demikian yang membuat facebook memiliki pengguna yang sangat banyak.
Manfaat Facebook:

Facebook juga dapat diakses secara mudah lewat internet yang ada di komputer ataupun laptop dan handphone. Pengaksesan facebook yang mudah tersebut yang membuat semua kalangan masyarakat tertarik untuk menggunakan facebook sebagai media refreshing mereka dari kejenuhan.
Facebook merupakan website jejaring sosial yang sedang ramai di gemari oleh banyak masyarakat di dunia. Facebook sekarang mengalahkan website serupa sebelumnya yaitu friendster. Manfaat dari facebook diantaranya :
  1. Sebagai ajang Mendapatkan teman
  2. Sebagai sarana informasi yang bermanfaat ( Seperti informasi dari teman2 di facebook)
  3. Cocok digunakan sebagai sarana promosi ( Perusahaan, Sekolah, dll )
  4. Sebagai sarana mengirim informasi dalam group tertentu
  5. Efisiensi komunikasi dengan teman2 (Karena biayanya murah)
  6. Meningkatkan Silaturrahmi diantara anggota facebook
  7. Meningkatkan kreatifitas dalam teknologi informasi
  8. Sebagai sarana pergaulan yang lebih epektif dan terarah
9.      Facebook memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai alat refreshing otak yang penat. Facebook memiliki keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. Penggunaan facebook lebih mudah dan lebih efisien. Mudah dipahami oleh orang yang baru menggunakan aplikasi ini.


Kekurangan Facebook:
a.       Membuat kita malas dengan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan , karena facebook memiliki aplikasi-aplikasi yang sangat menarik.
b.      Facebook juga dapat menyebabkan kurangnya sosialisasi dengan masyarakat sekitar, karena dengan bermain di dunia maya dapat menyebabkan sosialisasi kita menurun.
c.       Facebook lebih luasnya dunia maya, banyak sekali secara sengaja maupun tidak sengaja terdapat situs porno yang kurang baik untuk pengguna facebook kalangan anak-anak hingga remaja.
d.      Contoh Lain:
1. Memicu perceraian
2. Memicu anak bunuh diri
3. Lenyapkan ungkapan tradisional
4. Memicu gangguan tulang
5. Membuat orang menjadi tertutup
6. Membuat pasangan cemburu
7. Dijadikan ajang menantang hukum
8. Membuat banyak orang tua jatuh cinta
9. Membuat penggunanya merasa tidak menarik
10. Mengungkap kehidupan pribadi
Kelemahan Penggunaan Facebook sebagai Media Pembelajaran:
Bila ada kelebihan pastilah juga ada kelemahan yang terjadi bila penggunaan facebook sebagai media pembelajaran diaplikasikan dalam proses pembelajaran. terdapat banyak hambatan yang terjadi bila pendidik kurang mengerti tentang penggunaan facebook itu sendiri. Di samping itu facebook termasuk dalam dunia maya, sehingga penggunaannya tidak dapat dikontrol lebih mendalam lagi. Semua yang ingin diketahui peserta didik pastilah terdapat di dunia maya.
Peserta didik yang sangat menyukai facebook terkadang merasa malas untuk mengerjakan sesuatu yang diperintahkan pendidik melalui facebook. Peserta didik tersebut terlalu asyik dalam mengaplikasikan facebook untuk hal-hal yang kurang penting seperti mengupdate status, mengomentasi status orang lain, chatting dengan orang lain di luar konteks materi, dll. Hal ini kurang dapat dikontrol oleh pendidik.
Penggunaan facebook sebagai media pembelajaran juga memiliki kelemahan untuk peserta didik yang kurang mampu. Bila terdapat tugas yang diberikan pendidik, bagi mereka yang kurang mampu harus mengeluarkan uang untuk ke warnet (warung internet) karena mereka tidak memiliki sarana dan prasarana seperti komputer, laptop, internet.
3.      RANGKUMAN
Penggunaan Facebook memiliki berbagai kelemahan dan kelebihan tergantung bagaimana penggunanya yang menggunakan facebook. Dengan penggunaan facebook dengan cara berlebihan atau over akan membuat kita berlari ke arah negative pada penggunaannya, namun jika penggunaan hanya di ambil manfaatnya maka tidak akan orang terjerumus atau jatuh kedunia maya yang berlebihan. Dilihat dari keefesienannya memang facebook adalah jejaring social yang berdampak negative bagi masyarakat. Namun dengan kembali lagi di dasari pemikiran positif dan cara mereka menggunakan dengan batas-batas, semua tindak negative penggunaan Facebook dapat diatasi.

21-12-2012

0 komentar:

Posting Komentar

berkunjung juga yuk!

LATEST POSTS