Kamis, 03 Oktober 2013

[Diary] sudah jadi anak kampus :)

Lama tak berjumpa:)

Kesibukan ku selama awal masuk kuliah, padet jadi gak sempet buat berbagi cerita? 
Sekarang sudah efektif masuk kuliah biasa nih. Sekarang ini sudah gak nyandang lagi status siswa tapi mahasiswa. Kesibukan ku berawal saat aku belum beruntung di SNMPTN dan SBMPTN. Kenapa aku salah pilih jurusan saat SNMPTN dan saat SBMPTN aku males test-nya hehe.
Ngikut temen. Karena keberuntunganku tak jatuh ke sana haha tapi mungkin Allah sayang sama aku kalau aku emang gak masuk sana dan diberi jalan lain. Aku sekarang kuliah di Poltekkes Kemenkes YK. Sama aja Kampus NEGERI juga sih.
Denger tentang poltekkes kemenkes yogyakarta akan banyak yang mengatakan aku ambil gizi atau perawat? dominan sih...
Awalnya sih gak tau Poltekkes, itu aja daftar pertama cuma diajak temen. Aku ambil jurusan d4 Kesling (Kesehatan Lingkungan), tau gak jurusan Kesling apa? gak tau yaa :( Kesling itu ada hubungannya dengan Lingkungan kita, itu yang melahirkan ahli-ahli lingkungan, sanitasi dll. Eitss tapi jangan salah kita bukan jadi tukang sampah, cleaning servis, atau sedot tinja lo..
Kita ada ahli mengatasi limbah Industri, penanganan pada nyamuk, PDAM, K3 dll. ya walau aku juga masih awam...
Terus untuk Poltekkes Kemenkes YK itu adalah masuk jurusan terbaik nasional, denger-denger gitu. Dosen-dosen nya juga dosen terbaik nasional, tau gak desa Sukunan Sleman Yk itu adalah desa terbesih se-Indo dan itu yang melahirkan ada tangan dari dosen poltekkes jurusan kesling. Terus Mapres (mahasiwa berprestasi) di Kampus antara 6 jurusan disana, Mapresnya ada di Kesling. Anak-anaknya paling aktif di Ormawa (organisasi mahasiswa). Aku? ikut apa maklum pasif haha (jangan tiru).

Yang pertama, unggulnya adalah jurusan terbaik. Yang kedua, dosennya baik", kasih tugas terus tapi banyak diskusi. Yang ketiga pulangnya enak bener, paling longgar..kayak anak TK gitu!! Libur hari sabtu minggu tapi itu karena semester awal sih, lihat besok deh kalau semester akhir. Kadang kalau menyesuaikan jadwal dosen bisa aja libur tambah 1 hari lagi. Yang keempat, kalian punya waktu banyak wes buat malming yang malming, main bareng, santai.. Oh yaa yang mau ikut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) juga bisa lo.. aku ikut Riset, sama SBH (Saka Bakti Husada) wajib tapi I love Pramuka. Pengin ikut Taekwondo tapi aku anak Pencak Silat. ah alesan wae.. 
Yang kelima anak IPS juga bisa masuk Kesling kok, tapi lewat tes tetep IPA jadi belajar bentar yaa:) Pelajaran anak Kesling tuh gak IPA banget, jadi gak usah takut kalau sekolah di kesehatan terus full IPA. lebih jadi anak teknik tapi nyangkut kekesehatan gitu, ada rasa teknik-teknik tapi manis nya kesehatan hahha.
UKM nya di Poltekkes Kemenkes YK ada banyak, SBH (pramuka) wajib 1 tahun. MAPAPY, RISET, KSR, PADUS, SKI, TAEWONDO, PMKK, TARI, TEATER, JURNALISTIK dll, Ormawa juga ada BLM, BEM, dan HIMA/ HMJ. 

Ada jurusan D-III Analis Kesehatan, D-IV dan D-III Gizi, D-IV dan D-III Kebidanan, D-IV dan D-III Keperawatan, D-III Keperawatan Gigi,  D-IV Kesling dan D-III Kesling:)..
Asik toh:) Kesehatan tuh dibutuhin lo semakin hari.

di PKY (sok-sok an disingkat) OSPEK itu namanya PPS (Pengenalan Program Studi) kita PPS itu 3 atau 4  hari, hari pertama cuma pengenalan sama itu yaah dengerin orang ngomong, hari kedua itu kalau gak salah suruh bawa barang-barang gak jelas yah kayak OSPEK. tapi itu biasa, soalnya SMA udah ngalamin juga. Hari terakhir itu Outbond di AAU Adisucipto, 3 Part: Outbond, Penjelasan PKn, PBB (Tonti). Tapi masih ada 2 Hari PPS Jurusan kalau tidak salah. Terus ada Makrab (Malam Akrab) Jurusan jaraknya 2 Minggu setelah PPS itu.. agak lama dan udah ngampus, di laksanain hari sabtu minggu. 

Tau gak ini bukan ajang plonco tapi ini mungkin banyak manfaatnya kalau kita lihat positif nya yah walaupun akunya juga sok males sama kayak gini. Kalian pertama masuk mungkin tak kenal siapa pun? Karena beda dengan SMA mungkin kalian tidak bisa satu kampus dengan sahabat kalian. Nah karena PPS itu kita bisa akrab ma teman-teman dengan tidak sengaja maupun sengaja. Coba yaa, saat PPS kalian pulang jam 4 sore, kalian suruh buat barang-barang cari barang untuk esoknya, nah inilah ajang keakraban. Kenapa? Coba bayangin kita satu jurusan bareng" buat barang" itu cari bareng" otomatis kita akan sama" terus dari pagi sampai malam (aku dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam kadang sama mereka) selama PPS gimana gak kenal coba? Nah hal positifnya adalah menjalin keakraban antar kawan dari berbagai daerah.

Makrab juga bisa dibilang menjalin keakraban:) soalnya kita punya kelompok sendiri disana jumlahnya 10 orang 3 cowok 7 cewek. terus kamar kita dipisah lagi dengan orang yang berbeda. Kita jadi kenal banyak kan kawan" satu jurusan..
Ada lagi setelah sebulan kita masuk kuliah ada SBH nah itu kita juga gabung sama semua jurusan dan diacak, gak kenal awalnya jadi kenal toh! Asik deh..
Ngampus nih besok jadi udah dulu ceritanya yaa..

0 komentar:

Posting Komentar

berkunjung juga yuk!

LATEST POSTS